rss

Sensasi Kenikmatan Dan Kelezatan Rendang Itik

RENDANG Itik memang tidak sepopuler Rendang Daging, tapi jangan meremehkannya kalah lezat. Bagaimana mengolahnya?

Rendang Itik kurang populer bisa jadi lantaran proses memasaknya cukup lama karena berbagai tahapan yang harus dilalui. Proses pertama, itik dibakar dahulu untuk menghilangkan lendir dan juga sisa bulu yang masih menempel di kulit. Jangan lupa mengambil bagian yang amis dari ekornya.

Kemudian, itik ini dicuci. Yang menarik adalah mencucinya menggunakan daun tebu. Tujuannya untuk menghilangkan bau amis dan menambah rasa manis. Atau, bisa juga dengan daun kapas. Trik yang benar-benar hebat!

Ada dua macam itik yang bisa digunakan. Ada itik air yang berleher panjang dan ada itik serati yang berleher pendek dengan warna merah di wajahnya. Itik ini bisa dipotong menjadi empat bagian atau menjadi delapan bagian. Kalau terlalu kecil akan membuatnya sulit dimasak karena akan mudah hancur, seperti dilansir dari buku Rendang Traveler: Menyingkap Bertuahnya Rendang Minang karya Reno Andam Suri.

Kelapa, dari tiga butir kelapa, gunakan satu kelapa untuk diambil airnya agar rendang lebih manis. Daun-daun, seperti daun jeruk dan daun kunyit diiris halus, jadi tidak menyisakan ampas. Tambahkan cengkeh dan kayu manis sebagai bumbu.

Tumis bumbu halus lalu dicampur dengan santan. Santan pun dipisahkan antara yang kental dan cair. Masukkan santan kental dahulu baru santan yang cair, setelah itu tambahkan dengan air kelapa.

Kapan itiknya masuk? Ternyata, jangan terlalu cepat karena khawatir akan hancur. Setelah lebih dari kematangan Kalio, barulah itik alias bebek dimasukkan.

Jadi, di saat kuah santan sudah kental lebih daripada Kalio, barulah itik dimasukkan. Hati-hati mengaduknya persis seperti saat memasak Rendang Ayam. Wanginya akan tercium begitu menggoda.

Setelah berwarna gelap, barulah itik dipindahkan ke piring. Rendang ini akan sedikit lebih berminyak.

Begitu matang, potongan daging itik sudah mmapu menyerap bumbu Rendang. Tiap cabikan dagingnya memberi sensasi lain dari hidangan Rendang Itiak ini.


Artikel Terkait :

Terimakasih telah membaca artikel tentang Sensasi Kenikmatan Dan Kelezatan Rendang Itik di Pemimpin.Org, apabila artikel ini dirasa bermanfaat, silahkan di share agar orang lain juga merasakan manfaatnya