rss

Manfaat Daun Salam

manfaat daun salamManfaat daun salam yang biasa kita kenal adalah sebagai pelengkap bumbu dapur untuk peyedap masakan, memang benar itulah salah satu manfaat daun salam. Namun apakah anda tahu manfaat daun salam selain menjadi penyedap masakan?Ya, manfaat daun salam lainnya adalah sebagai ramuan obat alami.

Pohon salam biasanya tumbuh liar di kawasan hutan dan pegunungan dan dapat tumbuh hingga 25 meter ini mempunyai nama latin Syzygium polyanthum.  Pohon ini berbatang bulat,permukaan licin, dan berakar tunggang. Sebelum mengetahui berbagai manfaat daun salam, tengoklah dahulu bentuk daun salam dibawah ini agar tidak salah membedakan daun salam dengan daun lainnya.

manfaat daun salam

manfaat daun salam

manfaat daun salam

Daun salam biasanya berbentuk lonjong sampai elips, ujung dan pangkal meruncing tetapi rata, permukaan atas berwarna hijau tua dan licin, permukaan bawah berwarna hijau muda, serta pertulangan menyirip.

Manfaat daun salam untuk obat alami yang akan dibahas di bawah ini antara lain manfaat daun salam untuk obat diare, obat asam urat, obat kencing manis, obat radang lambung, menurunkan kolesterol, dan obat sakit maag.

Manfaat Daun Salam

  • Manfaat daun salam untuk obat diare : Siapkan 15 lembar daun salam dan cuci hingga bersih. Rebus 2 gelas air ditambah garam hingga mendidih. Masukkan 15 lembar daun salam tadi hingga air berubah warna. Tunggu hingga dingin, saring, dan minum.
  • Manfaat daun salam untuk obat asam urat : Rebus 10 lembar daun salam di 4 gelas air yang sudah mendidih. Setelah air tersisa kira-kira 2 gelas, segera saring dan dinginkan. Ramuan daun salam siap untuk diminum.
  • Manfaat daun salam untuk obat kencing manis : Siapkan 7-15 lembar daun salam dan rebus dengan 3 gelas air mendidih. Setelah air tersisa kira-kira 1 gelas, segera peras dan saring, kemudian dinginkan. Minum secara rutin, 2x sehari sebelum makan.
  • Manfaat daun salam untuk obat radang lambung : Siapkan 30 gram daun salam segar dan 30 gram daun samiloto kering direbus dengan 3 gelas air. Setelah air tersisa setengahnya, segera saring dan tambahkan gula batu. Ramuan tersebut dapat diminum 2x, pada waktu pagi dan sore hari.
  • Manfaat daun salam untuk menurunkan kolesterol :  Cuci 15 lembar daun salam dan rebus dalam 3 gelas air hingga hanya tersisa 1 gelas. Setelah dingin, saring dan dapat langsung diminum. Lakukan kegiatan ini secara rutin pada waktu malam hari sebelum tidur.
  • Manfaat daun salam untuk obat maag : Cuci dan rebus 20 lembar daun salam dengan 1/2 liter air sampai mendidih selama 15 menit. Anda dapat menambahkan gula bila perlu. Setelah dingin, minum airnya. Lakukan terapi ini secara rutin hingga rasa perih di lambung hilang.

Manfaat Daun Salam

Itulah beberapa manfaat daun salam sebagai ramuan obat tradisional.  Sekarang anda sudah tahu manfaat daun salam selain sebagai penyedap masakan.


Artikel Terkait :

Terimakasih telah membaca artikel tentang Manfaat Daun Salam di Pemimpin.Org, apabila artikel ini dirasa bermanfaat, silahkan di share agar orang lain juga merasakan manfaatnya