rss

Manfaat dan Cara Membuat Jus Kulit Manggis

 

Jus kulit manggis – “Biar hitam buah manggis” itulah salah satu ungkapan di masyarakat untuk mengingatkan kita bahwa menilai sesuatu jangan dari luarnya saja.  Seperti menilai buah, banyak orang tidak menyangka bahwa kulit dari buah yang hitam dan kecil ini memiliki khasiat yang luar biasa untuk kesehatan anda. Sebagai mana kata para ahli, kulit buah manggis mengandung anti bakteri dan antijamur. Inilah yang menyebabkan kulit manggis tidak mudah hancur walau telah dibuang selama berbulan-bulan.

jus kulit manggisBuah manggis, atau Garnicia Mangostana ini memang sangat manis daging buahnya. Tidak heran, buah manggis menjadi buah yang digemari oleh masyarakat Indonesia ataupun mancanegara. Mungkin hal itulah yang membuat buah yang satu ini disebut-sebut ratunya buah-buahan tropis, atau dalam bahasa inggrisnya Queen of tropical fruit.

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, selain daging buahnya, kulit buah manggis juga memiliki manfaat yang banyak untuk tubuh anda. Cara mengkonsumsinya juga harus dengan cara khusus, tidak bisa langsung dikonsumsi begitu saja. Contoh salah satu cara mengkonsumsi kulit manggis adalah dibuat jus, sehingga sekarang ini jus kulit manggis semakin marak terdengar di Indonesia.

Manfaat Jus Kulit Manggis

Penghambat perkembangan bakteri dan jamur

Kulit buah manggis memiliki antibakteri atau antimikroba untuk melawan beberapa jenis bakteri. Kulit manggis juga mengandung antijamur untuk menghambat pertumbuhan jamur.

Mencegah kanker

Metanol yang dihasilkan dari kulit manggis dapat menghambat perkembangan sel kanker serta menghambat produksi spesies oksigen reaktif sebagai radikal bebas.

Manfaat kulit manggis lainnya untuk tubuh anda :

  • Menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh
  • Meningkatkan tenaga dan stamina
  • Mencegah penuaan dini, karena kulit manggis dapat memperbaiki sel kulit mati.

Itulah beberapa manfaat jus kulit manggis untuk kesehatan anda. Selanjutnya, bagaimana cara membuat jus kulit manggis?

Cara Membuat Jus Kulit Manggis

Ternyata cara membuat jus kulit manggis itu mudah. Ikuti panduan cara membuat jus kulit manggis dari Pemimpin.Org di bawah ini:

  • Siapkan bahan-bahan yang diperlukan.
  1. 1 Buah manggis
  2. Pemanis, bisa madu, gula aren, atau gula yang rendah kalori
  3. 1 gelas air matang

Untuk memilih buah yang akan dibuat jus kulit manggis, sebaiknya pilih yang berukuran besar, kulit bersih dari getah pohon manggis.

  • Cuci buah manggis hingga bersih sambil buang kelopak (yang berwarna hijau) yang ada di pangkal buah.
  • Buka buah manggis dan potong kecil-kecil agar mudah saat di blender.
  •  Masukkan semuanya (termasuk daging buah, biji, dan kulit) ke dalam blender bersama air matang dan gula atau madu.
  • Blender sampai halus dan jus kulit manggis siap diminum.

Itulah manfaat jus kulit manggis untuk kesehatan anda lengkap dengan cara membuatnya. Jus kulit manggis ternyata tidak hanya kulit buahnya yang dibuat jus, tetapi lengkap dengan daging buah serta bijinya.

 


Artikel Terkait :

Terimakasih telah membaca artikel tentang Manfaat dan Cara Membuat Jus Kulit Manggis di Pemimpin.Org, apabila artikel ini dirasa bermanfaat, silahkan di share agar orang lain juga merasakan manfaatnya