rss

Makanan Khas Riau

makanan khas riauMakanan khas Riau sebenarnya tidak jauh berbeda dengan makanan khas provinsi lainnya yang banyak dihuni oleh masyarakat melayu, seperti provinsi Sumatera Barat dan Kepulauan Riau. Meskipun makanan khas  Riau memiliki banyak persamaan dengan makanan khas lainnya seperti bentuk dan rasa, aneka makanan khas Riau tetap memiliki rasa khas yang berbeda dari semua makanan di Indonesia.

Sebagai contoh makanan khas Riau yang cukup populer, yaitu Sambal terung Asam yang juga dapat dijumpai di pulau Kalimantan. Contohnya lainnya yaitu Gulai Belacan. Orang melayu Riau pasti tidak asing mendengar nama gulai Belacan yang sudah menjadi lalapan wajib di Riau. Sebenarnya ada banyak sekali makanan khas Riau yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Bagi anda yang ingin tahu daftar makanan khas Riau, berikut beberapa nama makanan khas Riau yang telah dirangkum oleh Pemimpin.Org

Makanan Khas Riau

Bolu Kemejo

Bolu Kemejo adalah contoh makanan khas Riau yang biasa dihidangkan pada saat acara besar seperti pada saat hari raya atau pesta pernikahan. Dalam proses pembuatan Bolu Kemejo sama dengan pembuatan bolu lainnya, hanya saja warnanya hijau sebagai ciri khas Bolu Kemejo dari Riau.

Kue Palito Daun

Kue Palito Daun adalah makanan khas Riau dari kabupaten Kampar. Mengapa bisa disebut Kue Palito Daun? Kue ini disebut Kue Palito Daun karena saat bagian bawah kue ini dibuka, bentuknya seperti sumbu palito. Bentuk Kue Palito Daun adalah persegi, warna bagian atas Kue Palito Daun adalah putih, kue ini diletakkan diatas daun pisang. Bahan baku pembuatan Kue Palito Daun adalah tepung beras.

Dadih

Asal makanan khas Riau yang satu ini sama dengan Kue Palito Daun diatas, yakni dari kabupaten Kampar. Dadih merupakan susu kerbau yang difermentasikan layaknya yoghurt. Selain di Riau, Dadih juga dapat dijumpai di provinsi Sumatera Barat.

Kue Jalo

Sama seperti Kue Palito Daun dan Dadih, Kue Jalo juga makanan khas Riau dari kabupaten Kampar. Bahan baku Kue Jalo adalah tepung terigu yang bebentuk seperti jalo karena adonan dimasukkan ke dalam cetakan yang berbentuk corong.

Makanan Khas Riau

Itulah beberapa contoh makanan khas Riau yang terkenal enak dan unik. Sebenarnya ada banyak sekali makanan khas Riau, akan tetapi itulah makanan dari Riau yang benar-benar menjadi icon dari banyaknya Makanan Khas Riau yang ada di Indonesia.


Artikel Terkait :

Terimakasih telah membaca artikel tentang Makanan Khas Riau di Pemimpin.Org, apabila artikel ini dirasa bermanfaat, silahkan di share agar orang lain juga merasakan manfaatnya