rss

Cara Memulai Gaya Hidup Sehat

cara memulai gaya hidup sehatSetiap orang yang ingin selalu sehat, wajib mengetahui bagaimana cara memulai gaya hidup sehat agar tubuh selalu terhindar dari berbagai macam penyakit. Tetapi mengetahuinya saja tidak cukup, anda juga harus mempraktekkannya. Dengan gaya hidup sehat, tubuh anda akan selalu sehat dan tampak segar serta bugar. Berbeda apabila pola hidup anda yang tidak sehat, tubuh anda akan mudah terserang penyakit, dan pasti tidak bergairah untuk menjalankan aktivitas sepanjang hari, yang ada hanya rasa malas dan malas.

Pada era modern seperti sekarang ini, banyak orang yang tidak menghiraukan kesehatan tubuhnya. Contohnya mereka yang masih di usia muda, yang semangatnya masih besar dan beranggapan bahwa tubuhnya masih kuat dan tidak bisa sakit. Padahal kita semua tahu bahwa penyakit bisa menyerang siapa saja, baik muda maupun tua, anak kecil atau dewasa, kaya atau miskin. Contoh lain orang yang tidak menghiraukan kesehatan tubuhnya adalah orang yang sibuk dengan pekerjaannya. Jangankan untuk memulai gaya hidup sehat, bahkan waktu untuk makan pun sering kali lupa.

Cara Memulai Gaya Hidup Sehat

Nah, untuk menjaga tubuh anda agar selalu sehat dan segar, anda harus mengubah gaya hidup anda. Selagi masih muda, alangkah baiknya sudah memperhatikan kesehatan tubuh anda, daripada waktu sudah tua anda baru menyadarinya betapa mahalnya kesehatan itu. Jadi beberapa pola hidup sehat yang wajib anda perhatikan adalah pola makanan, olahraga, dan waktu istirahat yang cukup. nah, inilah cara memulai gaya hidup sehat yang wajib anda praktekkan untuk mendapatkan tubuh yang sehat dan segar :

Pola makanan sehat

Saat memulai gaya hidup sehat, makanan dan minuman yang akan dikonsumsi adalah faktor terpenting. Inilah beberapa hal yang harus anda perhatikan tentang makanan dan minuman yang akan anda konsumsi:

  • Jangan mengkonsumsi makanan yang mengandung terlalu banyak karbohidrat dan lemak. Sudah dipastikan makanan yang mengandung banyak lemak tidak baik untuk kesehatan anda.
  • Hindari makanan yang mengandung bahan pengawet yang dalam jangka panjang dapat menyebabkan kanker. Contohnya, jangan terlalu banyak mengkonsumsi mie instant, yang mengandung banyak bahan pengawet.
  • Cukupi kebutuhan air tubuh anda dengan meminum air putih. Tahukah anda bahwa sebagian besar tubuh kita terdiri dari air? Selain air putih, imbangi dengan minum minuman sehat lainnya seperti jus kulit manggis.
  • Konsumsi sayur dan buah-buahan yang masih segar. Sayur dan buah banyak mengandung vitamin dan gizi yang dibutuhkan oleh tubuh anda.
  • Jangan sampai telat makan. Telat makan akan menyebabkan tubuh anda lemas, dan apabila anda terlalu sering telat makan, bisa-bisa terkena penyakit maag atau penyakit lambung.

Olahraga secara teratur

Dengan berolahraga secara rutin, membuat tubuh anda semakin bugar. Olahraga banyak sekali manfaatnya, seperti memperlancar aliran darah dan regenerasi sel-sel tubuh yang mati sehingga anda tampak segar, bugar dan tentu saja tampak awet muda. Bila anda dalam kondisi yang tidak memungkinkan untuk olahraga berat seperti sepak bola atau basket, anda dapat sekedar berjalan kaki mengelilingi komplek rumah minimal 30 menit saat pagi hari. Namun bagi anda yang tidak punya banyak waktu untuk berolahraga, anda dapat berolahraga minimal seminggu sekali tetapi dengan intensitas yang tinggi.

Cukup istirahat

Tubuh kita bukan mesin. Tubuh kita butuh istirahat minimal 7 jam perhari agar siap dan tetap segar menjalankan aktivitas berikutnya. Desain kamar tidur cukup berpengaruh untuk mendapatkan istirahat yang berkualitas tinggi. Istirahat yang berkualitas akan membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh anda. Oleh sebab itu, hindari begadang tiap malam yang dapat merusak tubuh anda secara perlahan.

Hindari hal yang tidak sehat

Untuk memulai gaya hidup sehat, sebaiknya anda hindari hal-hal yang sudah jelas tidak baik untuk kesehatan tubuh anda, seperti merokok, minum minuman keras, dan mengkonsumsi obat-obatan terlarang. Semua orang tahu merokok, minuman keras, dan obat-obatan terlarang sangat tidak baik untuk kesehatan tubuh anda, juga kantong anda tentunya. Bila anda selama ini merokok dan mengkonsumsi minuman keras dan berpikir semuanya baik-baik saja, cepat atau lambat anda juga akan merasakan dampaknya. Merokok tidak hanya membahayakan tubuh anda, tetapi juga lingkungan sekitar anda.

Cara Memulai Gaya Hidup Sehat

Itulah beberapa contoh cara memulai gaya hidup sehat dari Pemimpin.Org yang mudah dilakukan, dan efeknya dapat membantu anda mendapatkan tubuh yang sehat, segar serta bugar. Kesehatan itu mahal, sebaiknya mencegah hal-hal yang tidak diinginkan daripada harus menyesal kelak.


Artikel Terkait :

Terimakasih telah membaca artikel tentang Cara Memulai Gaya Hidup Sehat di Pemimpin.Org, apabila artikel ini dirasa bermanfaat, silahkan di share agar orang lain juga merasakan manfaatnya