rss

Cara Membuat Donat

cara membuat donatCara membuat donat berikut adalah panduan khusus bagi anda yang ingin membuat donat yang empuk dan enak. Siapa yang tidak tahu makanan yang satu ini? Atau mungkin anda dan sekeluarga penggemar kue yang satu ini? Kue yang umumnya berbentuk bulat dan berlubang dibagian tengah memang sangat populer. Apabila sekarang anda biasa membelinya, bagaimana kalau belajar cara membuat donat sendiri?

Cara membuat donat bisa dibilang susah-susah mudah. Mungkin anda telah mencoba membuat donat namun tidak sesuai yang diharapkan, entah itu keras ataupun tidak berbentuk. Nah, semoga panduan cara membuat donat ini dapat membantu anda.

Cara membuat donat

Sebelum mengetahui cara membuat donat, lebih baik kita kenali dulu bahan dan alat untuk membuat donat.

Bahan membuat donat:

  • Tepung. Tepung terigu adalah bahan baku membuat donat.
  • Gula. Anda bisa menggunakan gula halus. Gula bukan hanya sebagai pemanis, tetapi juga untuk membuat empuk kue donat.
  • Ragi. Ragi adalah bahan yang sangat populer sebagai pengembang. Anda dapat menggunakan ragi instan karena sangat praktis dalam penggunaannya, yaitu cukup dicampur dan diaduk dengan adonan.
  • Air. Anda dapat menggunakan air biasa, anda juga bisa menggunakan susu.
  • Garam. Walaupun hanya dibutuhkan seujung sendok teh, garam juga sangat berpengaruh. Disini garam berfungsi untuk mengontrol pengembangan adonan.
  • Minyak goreng. Pilih minyak goreng yang berwarna kuning jernih.
  • Penghias. Dahulu donat cukup ditabur dengan gula halus, sekarang anda dapat berkreasi sesuka hati anda. Sebagai contoh, anda dapat menaburkan mesis coklat sampai memberi krim vanilla.

 

Cara membuat donat

  • Campur semua resep bahan kering dan diaduk sampai rata. Tambahkan air (bisa juga diganti dengan susu) sedikit demi sedikit sambil diaduk.
  • Langkah selanjutnya yaitu pengulenan. Pada langkah ini, anda dapat menggunakan mixer agar lebih mudah. Tetapi ingat, apabila anda menggunakan mixer, adonan jangan sampai terlalu panas. Apabila adonan sudah terlanjur panas, sebaiknya anda melanjutkan pengulenan menggunakan tangan. Pengulenan ini dilakukan hingga adonan benar-benar kalis.
  • Langkah selanjutnya tutupi adonan dengan plastik atau serbet basah selama 15 – 30 menit. Hal ini bertujuan agar tidak terjadi penguapan dan hasilnya tidak kering.
  • Apabila adonan sudah didiamkan seperti langkah sebelumnya, saatnya mengempiskan adonan. Pada langkah ini, rolling pin sangat bermanfaat. Keluarkan adonan dari wadah, dan pipihkan.
  • Setelah dipipihkan anda dapat mencetak adonan tadi menggunakan cetakan donat. Cetakan donat biasanya terbuat dari stainless steel. Cetak yang cantik ya…
  • Selesai dicetak, sebaiknya donat didiamkan lagi selama 10 menit. Hal ini bertukuan agar donat lebih mengembang.
  • Langkah selanjutnya menggoreng kue donat. Minyak untuk menggoreng koe donat harus banyak karena kue donat yang digoreng harus dalam keadaan terendam. Agar kue donat yang digoreng tidak mengandung banyak minyak, sebaiknya menggunakan minyak goreng padat.
  • Langkah terakhir yaitu menghias kue donat. Pada tahap ini, anda dapat menghias kue donat sesuai keinginan anda. Anda dapat menambah mesis coklat dan sebagainya. Anda juga bisa hanya sekedar menabur gula halus di atas donat yang sudah matang.

Setelah mengetahui cara membuat donat, tidak ada salahnya jika kita juga mengetahui cara membuat pancake, cara membuat telur asin dan cara membuat yoghurt sebagai wawasan kita.

Bagaimana teman-teman? Cara membuat donat seperti panduan di atas cukup mudah bukan? Seperti yang saya tulis sebelumnya, cara membuat donat dapat dibilang susah-susah mudah. Anda perlu kesabaran untuk melakukannya. Oke, semoga panduan cara membuat donat dari pemimpin.org ini bermanfaat.


Artikel Terkait :

Terimakasih telah membaca artikel tentang Cara Membuat Donat di Pemimpin.Org, apabila artikel ini dirasa bermanfaat, silahkan di share agar orang lain juga merasakan manfaatnya