rss

Behel Gigi

Dahulu, Behel gigi atau kawat gigi adalah hal yang aneh untuk masyarakat Indonesia. Behel gigi sendiri digunakan untuk kesehatan dan perawatan gigi mereka, tetapi fungsi utamanya tetap sebagai perapi gigi yang tidak rata.

Seiring perkembangan zaman, kini behel gigi sudah sangat populer di negara kita. Banyak orang yang yang memakai behel gigi baik pria maupun wanita dengan alasan penampilan, sampai-sampai orang yang sudah mempunyai gigi yang rapi juga memakainya.

Syarat Sebelum Memasang Behel Gigi

Sebelum anda berencana memasang behel gigi, sebaiknya mengerti dahulu syarat-syarat sebelum memasang behel. Terlebih lagi jika anda baru pertama memasang behel gigi. Apa saja syaratnya?

  • Orang yang akan memasang behel harus sudah bisa menjaga kebersihan mulut.
  • Gigi yg dipasangi behel, ujung akarnya harus sudah mengecil.
  • Orang yang akan memasang behel tidak mempunyai penyakit umum/sistemik yang dapat mengganggu perawatan

Efek Samping Setelah Memasang Behel Gigi

Setelah mengetahui syarat sebelum memasang behel gigi, anda juga harus mengetahui kemungkinan efek yang ditimbulkan setelah memasang behel. Namun berbagai efek dibawah ini tidak selalu terjadi/kecil kemungkinan untuk terjadi.

  • Radang gusi yang menyebabkan gusi berdarah.
  • Sariawan disertai rasa ngilu.
  • Muncul rasa nyeri selama 3 – 7 hari dikarenakan adanya proses Resorpsi dan aposisi.

Solusi untuk mengatasi masalah tersebut :

  • Sikat gigi menggunakan sikat yang berbulu halus. Sikat gigi dengan bulu yang kasar dapat mengakibatkan pembekakan gusi.
  • Lakukan pengontrolan gigi secara rutin, atau minimal 3 minggu sekali.
  • Menkonsumsi makanan yang tidak terlalu keras. Selain memberi rasa sakit, makanan keras juga dapat mengakibatkan behel gigi terlepas.

Tempat Memasang Behel Gigi?

Untuk memasang behel, tentunya anda dapat pergi ke dokter gigi. Namun belakangan ini justru banyak orang pergi ke tukang gigi untuk memasang behel. Tentu di bandingkan dengan harga pasang behel di dokter gigi, tukang gigi menawarkan harga yang murah. Jika di dokter gigi pemasangan behel mencapai Rp. 5 juta, di tukang gigi bisa mencapai Rp. 2,5 juta.

Yang kini menjadi pertanyaan, amankah memasang behel di tukang gigi? Apakah para tukang gigi benar-benar tahu dengan perhitungan yang sesuai dengan ilmu kedokteran atau hanya berdasarkan keterampilan?

Pemasangan behel gigi bukan hal yang mudah. Sebelum mengambil tindakan, seorang dokter harus terlebih dahulu mengetahui struktur gigi dan rahang pasien dari cetakan gigi yang dibuat sesuai dengan gigi asli pasien atau dari hasin rontgen.

Untuk tukang gigi, mereka tidak yakin apakah mereka memiliki latar belakang semacam pendidikan khusus atau hanya mengandalkan keterampilan semata.

Yang jelas, memasang behel gigi bukanlah perkara yang mudah. Jangankan memasang behel di tukang gigi, memasang behel dengan bantuan dokter gigi yang tidak tepat pun dapat menimbulkan masalah dengan gigi pasien.

Namun pilihan tetap di tangan anda, bisa saja anda malah lebih cocok pemasangan dan perawatan di tukang gigi.

Foto Behel Gigi

Berikut ini foto behel gigi untuk inspirasi anda sebelum memasang behel gigi.

behel gigi

behel gigi

behel gigi

behel gigi

behel gigi

behel gigi

behel gigi

behel gigi

Diatas adalah hal-hal yang berhubungan dengan behel gigi. Anda harus terlebih dahulu mengetahui syarat sebelum memasang behel gigi, efek samping, dan tempat memasang behel gigi yang cocok agar tidak menyesal kemudian. Semoga membantu..


Artikel Terkait :

Terimakasih telah membaca artikel tentang Behel Gigi di Pemimpin.Org, apabila artikel ini dirasa bermanfaat, silahkan di share agar orang lain juga merasakan manfaatnya