rss

17 Khasiat Bawang Putih Untuk Kesehatan

Khasiat bawang putih sudah terkenal di dunia kesehatan. Bawang putih, yang mempunyai nama latin allium sativum terkenal memiliki banyak kegunaan. Bawang putih sendiri mempunyai bau yang cukup menyengat, sehingga sebagian orang ada yang menyukainya dan sebagian lainnya yang tidak suka karena baunya. Bawang putih termasuk dalam afflum, bentuknya seperti umbi yang berlapis. Dalam keseharian masyarakat Indonesia, bawang putih sering digunakan sebagai penyedap masakan ataupun sebagai sarana pengobatan alternatif. Banyak yang sudah mencoba khasiat dari bawang putih ini dan menjadikannya sebagai terapi sehari-hari.

khasiat bawang putihKhasiat bawang putih sendiri sudah diakui, dalam mitos ataupun dunia kesehatan. Mitosnya, bawang putih bisa digunakan untuk mengusir drakula, tokoh fiksi asal Transylvania yang gemar menghisap darah manusia. Drakula ini tidak menyukai bawang putih karena baunya yang menyengat, sehingga dia akan kabur begitu ada bawang putih yang dilemparkan atau dijadikan sebagai pelindung dari gigitan drakula. Biasanya bawang putih juga dikalungkan untuk mencegah drakula menggigit leher meraka. Terlepas dari mitos tersebut, inilah beberapa khasiat bawang putih yang sudah teruji:

Khasiat Bawah Putih

1. Mempunyai kandungan vitamin A.

2. Mengurangi kecenderungan stress, depresi, dan tekanan pada pikiran.

3. Menghilangkan gejala tukak lambung

4. bawang putih juga dapat mencegah terjadinya penggumpalan dalam darah karena adanya senyawa ajoene.

5. Menghambat terjadinya penuaan.

6. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

7.  Menurunkan gangguan tekanan darah tinggi

8.  Resiko terkena kanker dapat berkurang dengan mengkonsumsi bawang putih.

9.  Kadar kolesterol dalam darah berkurang.

10.  Nafsu makan akan bertambah jika mengkonsumsi bawang putih dalam keadaan mentah

11. Dll.

Itulah sebagian dari khasiat bawang putih. Berikut ada juga beberapa cara peracikan bawang putih yang dipercaya bisa menyembuhkan berbagai penyakit, seperti:

1. Sakit kepala: Umbi bawang putih ditumbuk secara lembut, lalu ditempelkan pada dahi

2. Asma: 3 siung bawang putih ditumbuk sampai halus, lalu dicampur dengan sendok makan madu dan gula batu secukupnya, diminum tiap pagi hingga smebuh.

3. Hipertensi: ada 2 metode untuk hipertensi, yaitu:

a. diminum: 3 siung bawang, tumbuk halus lalu campur dengan air, peras sarinya, lalu  minum tiap hari.

b. dikonsumsi: panggang 2 siung bawang putih, lalu dikonsumsi tiap hari.

4. Sakit kuning: Rebus 1 umbi bawang putih, campur dengan gula batu secukupnya dengan 3 gelas air, aduk hingga mencampur, saring. Minumlah 2-3 kali sehari.

5. Sembelit: Untuk sembelit dibutuhkan campuran bawang merah dan bawang putih, haluskan, campur air dan peras sarinya, minum hingga sembuh.

6. Insomnia: Ambillah beberapa suing bawang putih, lalu dimakan mentah-mentah.

7. Ambeien: Umbi dari bawang putih ditumbuk halus, lalu dicampur air, peras sarinya. Oleskan pada daerah yang terkena ambeien.

8. Dll.

Khasiat Bawah Putih

Masih banyak lagi khasiat bawang putih dalam dunia kesehatan, bahkan di pelosok ataupun daerah tertentu, bawang putih bisa digunakan sebagai alternatif obat murah. Mereka berkeyakinan dengan bawang putih bisa menghilangkan dan mengobati beberapa penyakit. Selain cukup ampuh untuk meredakan bahkan menyembuhkan suatu penyakit, ketersediaannya yang cukup mudah didapatkan juga menjadi salah satu keunggulan bawang putih untuk menjadi pengobatan tradisionl. Khasiatnya bawang putih pun bisa lebih banyak dipelajari sehingga bisa menjadi solusi pengobatan yang makin mahal dari hari ke hari.

Bawang putih juga menjadi komoditi pasar Indonesia yang terkenal sebagai pusat rempah-rempah. Namun saat ini banyaknya impor yang masuk dari negeri China cukup menggangu stabilitas pasar yang digelontor oleh bawang murah dari negeri tersebut. Itulah beberapa khasiat bawang putih untuk kesehatan anda. Semoga bermanfaat.


Artikel Terkait :

Terimakasih telah membaca artikel tentang 17 Khasiat Bawang Putih Untuk Kesehatan di Pemimpin.Org, apabila artikel ini dirasa bermanfaat, silahkan di share agar orang lain juga merasakan manfaatnya